Info Terbaru
Loading...
25 Juli 2013

Fungsi Adzan Selain Panggilan Sholat

Kamis, Juli 25, 2013
Fungsi Adzan Selain Panggilan Sholat
Fungsi Adzan Selain Panggilan Sholat - Pak Ustadz mohon penjelasan fungsi adzan sebenarnnya? soalnya di kalangan umat islam ada yg mewajibkan adzan ketika memasukkan mayat ke liang kubur, bayi yg br lahir,& ketika hjn lebat. apa memang Rosul mencontohkan spt itu? apa dalilnya shahih? atas penjelasannya kami ucapkan trimaksih

Dalam kitab I'anatut Talibin karangan Imam Diamyathi disebutkan bahwa selain untuk panggilan sholat atau pemberitahu masuknya waktu sholat, adzan juga dianjurkan utk dibacakan pada kondisi-kindisi berikut:


1. Dibacakan kepada orang yang linglung agar segera sadar.

2. Dibacakan kapada orang yang kesurupan oleh jin atau bangsa halus. Termasuk amalan yang sering berhasil untuk menyembuhkan orang yang kesurupan jin adalah dengan membacakan Adzan sebanyak 7 kali di telinganya, al-Fatihah 7 kali, kemudian dibacarakan Muawwizatain, Ayat Kursi, Wassamaa'i wat thaariq, akhir ayat surah al-Hasyr, akhir surah al-Shaaffaat. Kemudian dibacakan ayat kursi 7 kali pada air lalu dipercikkan ke muka orang yang kesurupan, insya Allah jin akan segera meninggalkan orang tersebut.

3. Dibacakan kepada orang yang sedang marah atau tindakannya melewati batas. Begitu juga hewan yang menjadi liar atau ngambek dibacakan adzan di telinganya.

4. Ketika berpapasan dengan mahluk jadi-jadian, seperti ular atau anjing jadi-jadian yang berasal dari jin dibacakan adzan karena setan takut dengan suara adzan.

5. Adzan di telinga kanan dan iqamah di telinga kiri pada bayi yang baru lahir, seperti diriwayatakn dalam hadist sahih.

6. Adzan saat mayit akan dikubur/ditimbun. Tapi ini ditentang banyak ulama termasuk penulis kitab Ianatut Talibin dan Imam Nawawi, karena menganalogikan adzan orang yang dikubur dengan bayi yang barru lahir adalah qiyas yang salah. Imam Ibnu Hajar juga menegaskan bahwa ini termasuk bid'ah.

7. Adzan utk melepas orang yang bepergian yang halal atau tujuan ibadah.

8. Orang yang tersesat di tempat yang sulit menemukan manusia juga dianjurkan membaca adzan.


catatan: kondisi-kondisi tersebut sebagian dilandaskan pada dalil, baik kuat atau lemah secara riwayat, sebagian juga dilandaskan pada tajribah atau pengalaman spiritual seseorang, sebagaimana diketahui adzan selain panggilan sholat juga merupakan untaian dzikir yang kalau dibaca mendapatkan pahala. Wallahu a'lam bissowab.
loading...

0 comments:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang melakukan SPAM
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

 
Toggle Footer