Info Terbaru
Loading...
4 Juni 2014

9 Cara Setan untuk Menggoda Manusia

Rabu, Juni 04, 2014
loading...
9 Cara Setan untuk Menggoda Manusia
Cara Setan Menggoda Manusia - Setiap manusia harus waspada kepada godaan setan yang selalu menyesatkannya. Di dalam Al-Qur'an disebutkan ada sembilan cara yang dilakukan setan dalam menyesatkan manusia, yaitu sebagai berikut,



1. MEMBUAT LUPA LARANGAN
Membuat lupa manusia terhadap apa yang dilarang Allah menjadi penting bagi setan, karenanya ia tempuh cara ini. Allah swt. berfirman:
"Apabila engkau (Muhammad) melihat orang memperolok-olokkan ayat-ayat Kami, maka tinggalkanlah mereka hingga mereka beralih kepada pembicaraan lain. Dan jika setan benar-benar menjadikan engkau lupa (akan larangan ini), setelah ingat kembali janganlah engkau duduk bersama orang-orang yang zalim." (Al-An'aam: 68)

2. MEMBISIKKAN KEJAHATAN
Merusak hati merupakan sasaran antara dalam menyesatkan manusia, karena setan membisikkan kejahatan ke dalam hati manusia. Allah swt. berfirman:
"Katakanlah,' Aku berlindung kepada Tuhannya manusia, Raja manusia, Sembahan manusia, dari kejahatan (bisikkan) setan yang bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia." (An-Naas: 1-6)

3. MEMANDANG BAIK PERBUATAN YANG BURUK
Memandang baik perbuatan yang buruk akan membuat manusia semakin banyak melakukan kemaksiatan, inilah yang ditanamkan suatu ke dalam hati dan pikiran manusia. Allah berfirman:
"Maka apakah pantas orang yang dijadikan tersa indah perbuatan buruknya, lalu menganggap baik perbuatan itu." (Faathir: 8)

4. MENUMBUHKAN ANGAN-ANGAN KOSONG
Angan-angan kosong akan membuat manusia lalai dan lengah sehingga mau masuk surga tanpa usaha yang sungguh-sungguh, karenanya setan tanamkan ke dalam hati dan pikiran manusia. Allah swt. berfirman;
"Dan pasti akan kusesatkan mereka, dan akan kubangkitkan angan-angan kosong pada mereka...." (An-Nisaa': 119)

5. MELAKUKAN TIPU DAYA
Meskipun tipu daya setan lemah, ternyata banyak manusia yang berhasil disesatkan setan. Allah berfirman:
"Orang-orang yang beriman, mereka berpegang di jalan Allah, dan orang-orang yang kafir berpegang di jalan Thagut, maka perangilah kawan-kawan setan itu, (karena) sesungguhnya tipu day setan itu lemah." (An-Nisaa': 76)

6. MENYAMPAIKAN JANJI-JANJI PALSU
Agar manusia sesat, setan mengiming-imingi dengan janji palsu yang membuat manusia menyesal dalam kehidupan akhirat. Allah swt. berfirman:
"Dan setan berkata ketika perkara (hisab) telah diselesaikan. Sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepadamu janji yang benar, dan aku pun telah menjanjikan kepadamu tetapi aku menyalahinya. Tidak ada kekuasaan bagiku terhadapmu, melainkan (sekedar) aku menyeru kamu kamu lalu kamu mematuhi suaraku, oleh sebab itu jangnlah kamu menerca aku, tetapi cercalah dirimu sendiri." (Ibrahim: 22)

7. MENANAMKAN PERMUSUHAN
Permusuhan antar manusia akibat godaan setan, sehiingga terjadi sesuatu yang sangat tragis di antara sesamanya. Allah swt. berfirman:
"Mereka tidak akan berhenti memerangi kau sampai kamu murtad (keluar) dari agamamu, jika kamu sanggup." (Al-Baqarah: 217)

8. MEMALINGKAN MANUSIA DARI JALAN ALLAH
Memindahkan manusia dari jalan hidup yang yang benar ke jalan hidupa yang batil merupakan sesuatu yang diinginkan setan. Allah swt berfirman:
"Dan janganlah sekali-kali kamu dipalingkan oleh setan; sungguh, setan itu musuh yang nyata baginu." (Az-Zukhruf: 62)

9. MENIMBULKAN PERSELISIHAN
Perselisihan yang menyebabkan perpecahan dan permusuhan merupakan hal harus diwaspadai. ALlah swt. berfirman:

"Dan katakanlah kepada hamba-hamba-Ku,' Hendaklah mereka mengucapakan perkataan yang lebih baik (benar). Sungguh, setan itu (selalu) menimbulkan perselisihan diantara mereka. Sungguh, setan adalah musuh yang nyata bagi manusia." (Al-Israa': 53)
loading...

0 comments:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang melakukan SPAM
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

 
Toggle Footer