Info Terbaru
Loading...
11 Februari 2013

Manfaat Senyum bagi Kesehatan

Senin, Februari 11, 2013

Manfaat Senyum bagi Kesehatan
Senyum adalah salah satu ibadah yang paling mudah serta memiliki banyak manfaat, sayangnya masih banyak orang yang menyepelekannya. Manfaat senyum itu sendiri jika dilihat dari sisi kajian ajaran islam ialah sedekah, itu artinya senyum memiliki kedudukan yang cukup mulia.


Abdullah bin Haarith, radhiyallahu Allahu ‘anhu berkata, “aku tidak pernah melihat seorangpun yang lebih banyak tersenyum selain Rasulullah” (Riwayat At-Tirmidzi). Nabi Muhammad Shallahu ‘alaihi wa Sallam merupakan seseorang yang penuh canda dan senyum dalam kehidupan rumah tangganya. Aisyah Radliyallahu’anha bercerita, yang artinya, “Tidak pernah saya melihat Raulullah Shallahu ‘alaihi wa Sallam tertawa terbahak-bahak sehingga kelihatan batas kerongkongannya. Akan tetapi tertawa beliau adalah dengan tersenyum.” (HaditsRiwayat Al-Bukhari)

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari hasil penelitian tentang tersenyum :

1.    Senyum yang ikhlas tanpa paksaan dapat menghindarkan diri dari penyakit kardiovaskuler, senyum sebanyak 20 kali dan setiap senyumnya itu berdurasi 20 detik, dapat menghasilkan β endorphin oleh otak yang berfungsi  melebarkan pembuluh darah dan menghambat epinefrin. Seperti yang kita ketahui apabila epinefrin tinggi didalam tubuh, maka akan menimbulkan penyempitan pembuluh darah dan juga merangsang gerak jantung lebih cepat sehingga dapat menyebabkan penyakit darah tinggi atau hipertensi yang berdampak terhadap timbulnya penyakit stroke (karena pendarahan) serta penyakit jantung.

2.    Menimbulkan efek relaksasi, perasaan bahagia dan menurunkan tingkat stress didalam tubuh.


3.    Mencegah timbulnya sembelit (susah buang air besar). Pada pagi hari gerak peristaltik usus masih lambat, jika orang tersenyum di pagi hari maka akan dapat merangsang gerak usus. Hal itu disebabkan kontraksi otot perut yang ditimbulkan oleh efek tersenyum tersebut. Yang dapat menyebabkan peningkatan tekanan Intra abdominal.

4.    Seseorang yang marah/stress dapat menyebabkan kehilangan banyak kalium akibat berkontraksinya banyak otot. Hal ini membuat orang tersebut terkena Hipokalemia (kadar kalium yang rendah dalam darah) yang dapat berakibat buruk terhadap sistim tubuh. Sedangkan seseorang yang tersenyum akan merileksasikan otot/kontraksi ototnya lebih sedikit sehingga dapat mereduksi pengeluaran kalium lebih banyak. Fungsi kalium itu sendiri adalah meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kotraksi otot dan membantu tekanan darah.

Nah itulah manfaat dari tersenyum, selain menyehatkan, kita juga mendapatkan pahala J

loading...

0 comments:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang melakukan SPAM
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

 
Toggle Footer