Info Terbaru
Loading...
23 Februari 2013

Kisah Keberanian Seorang Ulama

Sabtu, Februari 23, 2013

Kisah Keberanian Seorang Ulama  Abu Hasan adalah seorang ulama Sufi yang hidup pada sekitar abad keempat Hijriyah atau kesepuluh Masehi. Kepala negara saat itu adalah Ahmad Ibnu Thulun, seorang yang amat zalim. Ahmad telah membunuh sebanyak 18.000 orang dengan cara tidak memberi mereka makan dan minum. Setelah melihat kekejaman yang begitu parah, Abu Hasan teringat akan pesan Nabi Muhammad yang artinya, 'Jihad yang paling utama adalah mengatakan kebenaran di depan penguasa yang zalim'.


Bila teringatkan kata-kata Nabi itu, secara tiba-tiba semangat Abu Hasan melonjak. Tanpa merasa takut atau takut, dia menemui Ahmad Ibnu Thulun lalu berkata, "Engkau telah menzalimi rakyat." Ahmad menjadi teramat marah mendengar kata-kata itu. Dia segera menangkap Abu Hasan dan memenjarakannya. Di dalam tahanan, seekor singa yang kelaparan dilepaskan untuk mengakhiri riwayat Abu Hasan. Singa itu maju selangkah dan mundur, mendengus dan kemudian diam. Kemudian binatang buas itu menundukkan kepalanya sambil mendekati Abu Hasan dan menciumnya. Setelah itu ia pergi dengan tenang meninggalkan Abu Hasan. Ahmad Ibnu Thulun menyaksikan dengan berdebar. Dia tiba-tiba tersentak dari tempat duduknya saat singa itu tiba-tiba memandangnya dengan tajam. Orang-orang yang menyaksikan peristiwa yang mengerikan itu merasa kagum dan hormat kepada Abu Hasan, dan mereka pun bertakbir massal.

Setelah Ahmad Ibnu Thulun menyaksikan peristiwa ajaib itu, dia segera memanggil Abu Hasan dan menyoalnya. "Coba kau ceritakan kepadaku apakah yang engkau pikirkan ketika singa itu mendekatimu. Engkau tidak sedikitpun melihat atau peduli kepadanya, "dia bertanya. Abu Hasan menjawab, "Saya hanya memikirkan tentang air liurnya saat singa itu menyentuh saya nanti. Apakah ia suci ataupun najis? " "Apakah engkau tidak takut kepada singa?" "Tidak, karena Allah telah melindungiku dari kejahatannya," jawab Abu Hasan dengan tenang.
loading...

0 comments:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang melakukan SPAM
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

 
Toggle Footer