Info Terbaru
Loading...
2 Agustus 2011

Tips Sehat ala Nabi Muhammad SAW

Selasa, Agustus 02, 2011

1.    Selalu bangun sebelum subuh
beliau selalu mengajak umatnya untuk bangun sebelum subuh, melaksanakan shalat sunah dan shalat fardlu, shalat subuh berjamaah. Hal ini memberikan hikmah : Berlimpah pahala dari Allah, kesegaran udara subuh yang bagus untuk kesehatan. Memperkuat pikiran dan menyehatkan perasaan.

2.    Aktif menjaga kesehatan.
Rasul senantiasa rapi dan bersih.

3.    Tidak pernah banyak makan.
Rasul termasuk orang yang tidak makan sebelum lapar dan bila makan tidak terlalu banyak / tidak sampai kekenyangan. Dalam tubu
h manusia ada tiga ruang untuk tiga benda, sepertiganya untuk udara, sepertiganya untuk air, dan sepertiganya lagi untuk makanan.

4.    Gemar berjalan kaki
Rasul selalu berjalan kaki ke masjid, pasar, medan jihad, mengunjungi sahabat, dsb. Dengan berjalan kaki, keringat akan mengalir, pori-pori terbuka dan peredaran darah berjalan lancar. Ini penting untuk mencegah penyakit jantung.

5.    Tidak suka marah.
‘Jangan Marah’ nasehat beliau sampai diulang 3x. ini menunjukkan hakekat kesehatan dan kekuatan. Muslim bukanlah terletak pada jasad belaka, tetapi lebih jauh yaitu dilandasi oleh kebersihan dan kesehatan jiwa.

6.    Optimis dan tidak putus asa.
Sikap optimis akan memberikan dampak psikologis yang mendalam bagi kelapangan jiwa sehingga tetap sabar, istiqomah, dan bekerja keras, serta tawakal kepada Allah.

7.    Tak pernah iri hati.
Untuk menjaga stabilitas hati dan kesehatan jiwa, maka menjauhi iri hati merupakan tindakan preventif yang sangat tepat.

loading...

0 comments:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang melakukan SPAM
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

 
Toggle Footer