Info Terbaru
Loading...
21 Maret 2013

Keutamaan Menuntut Ilmu

Kamis, Maret 21, 2013
loading...

Keutamaan Menuntut Ilmu
Keutamaan Menuntut Ilmu– menuntut ilmu merupakan sebuah keharusan bagi kita umat muslim. Dengan menuntut ilmu maka kita akan bisa membedakan mana yang benar dan salah sehingga kita terhindar dari segala macam kesusahan-kesusahan hidup yang disebabkan ketidaktahuan kita. Ada beberapa keutamaan bagi orang yang menuntut ilmu; diantaranya adalah:


Keutamaan Orang yang Menuntut  Ilmu
1. Akan Diangkat Derajatnya Oleh Allah Subahanhu Wata’ala
Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS.Al-Mujadilah :11)

2. Memiliki Rasa Takut Kepada Allah Subhanahu Wata’ala
Dan demikian (pula) di antara manusia, binatang-binatang melata dan binatang-binatang ternak ada yang bermacam-macam warnanya (dan jenisnya). Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba- Nya, hanyalah ulama. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Ma- ha Pengampun. (QS. Al-Fatir : 28)

3. Dimudahkan ke Surga (Jannah)
“Barangsiapa menempuh perjalanan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga.” (HR. Muslim)

4. Lebih Mulia Dari Ahli Ibadah
Dari abu umaina al balili dia berkata disebutkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam tentang dua orang, salah satu ahli ibadah dan yang lain thalibul ilmi maka bersabda Rasulullah : “Keutamaan orang yang menuntut ilmu di atas ahli ibadah seperti keutamaanku di atas orang yang paling rendah di antara kalian.” (HR, Tirmidzi)
loading...

0 comments:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang melakukan SPAM
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

 
Toggle Footer