Info Terbaru
Loading...
20 Maret 2013

Keutamaan Belajar dan Mengajarkan Ilmu

Rabu, Maret 20, 2013

Keutamaan Belajar dan Mengajarkan IlmuKeutamaan Belajar dan Mengajarkan Ilmu - Tuntutlah ilmu, kemudian ajarkan ilmu itu kepada semua orang . Agungkan firman Allah dan sucikan , maka engkau akan terjaga
Dari Abdullah bin Mas’ud berkata : “Rasulallah saw bersabda : “barang siapa yang belajar satu bab ilmu, lalu ia manfaatkan ilmu itu untuk dunia dan akhiratnya, maka itu lebih baik baginya dari pada 7 ribu tahun umur hidup di dunia, yang dipergunakan puasa disiang harinya yang maqbul (diterima semua amalnya), tanpa ada yang di tolak”.


Dan dari mu’adz bin jabal, Rasulallah saw bersabda : “Belajarlah ilmu, karena sesungguhnya belajar ilmu karena Allah adalah suatu kebaikan, mempelajari ilmu adalah tasbih, membahas ilmu adalah jihad,mencari ilmu adalah ibadah,mengajarkan ilmu adalah sodaqoh, membiayai ahli ilmu adalah taqorub (pendekatan diri kepada Allah), berfikir dalam ilmu sebanding dengan puasa dan mudzakaroh(diskusi) ilmu sepadan dengan mendirikan sholat.”

Dan Rasulullah saw bersabda : “Tuntutlah ilmu,walaupun antara engkau dan ilmu itu terdapat lautan api”.

Dan Rasulullah saw bersabda :“tuntutlah ilmu dari ayunan sampai liang kubur.” Yakni sesungguhnya menuntut ilmu itu wajib diseluruh waktu dan keadaan.

Seorang ulama salaf (ulama sholeh zaman dahulu) berkata :”ilmu ada 4 macam ,1. Ilmu fiqih untuk agama 2. Ilmu kedokteran untuk jasmani 3. Ilmu bintang / astronomi untuk menghitung waktu,dan 4. Ilmu nahwu untuk berbicara.”

(ketauhilah) sesungguhnya ilmu dapat dihasilkan dg 2 cara,kasbi dan sama’i . Ilmu kasbi adalah ilmu yang dihasilkan dengan cara melanggengkan (kontinuitas dalam) belajar dan membaca didepan guru.Dan ilmu sama’I adlah belajar dari ulama dengan cara mendengarkan masalah agama dan dunia. Ilmu sama’I ini tidak dapat diperoleh kecuali dengan mencintai ulama, bergaul dengan mereka, duduk dengan mereka , bercampur baur bersama mereka dan meminta penjelasan dari mereka.

Wajib bagi orang yang sedang belajar untuk berniat dalam menghasilkan ilmu
*mengharap ridho Allah
*mengharap negri akhirat
*menghilangkan kebodohan dari dirinya dan seluruh orang bodoh
*menghidupkan agama
Wa Allahu ‘alam bi showab

0 comments:

Poskan Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
• Gunakanlah bahasa yang sopan dalam berkomentar
• Dilarang melakukan SPAM
• Dilarang menggunakan link
• Dilarang promosi dalam kotak komentar (jika ingin memasang iklan silahkan hubungi kami)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Toggle Footer